Safety

Posted: September 4, 2008 in Tek. Lingkungan
Tag:

“Jika berbicara tentang keselamatan kerja maka seolah-olah keselamatan itu hanya ada di dalam pekerjaan saja. Dan jika berbicara tentang pekerjaan memiliki konotasi serta gambaran tentang industri-industri yang terdiri antara lain dari perusahaan-perusaha an yang memiliki buruh, karyawan atau pegawai yang memang perlu mendapatkan perlindungan keselamatan” .

Safety memiliki pengertian yang tidak terbatas hanya pada pekerjaan saja, tetapi mempunyai makna tentang mencegah dan menghindari terjadinya kecelakaan dalam segala aspek kehidupan manusia. Mencegah dan menghindari kecelakaan tidak hanya di lingkungan tempat bekerja juga di luar kerja. sangat mungkin sekali SAFETY mempunyai beberapa definisi, tetapi saya yakin bahwa diantara definisi-definisi tersebut bermakna sama. Salah satu dari definisi tersebut oleh Frank E.Bird, Jr dan George L.German yang mana menyatakan bahwa Safety adalah mengontrol kecelakaan yang merugikan (Safety – control of accidental loss) dalam salah satu bukunya “Modern Safety Management”. Mengontrol tentunya memiliki arti yang cukup luas antara lain mencagah, menghindari, mengendalikan, memperkecil, mengurangi, mencapai target tertentu. Dengan demikian SAFETY berarti suatu usaha yang aktif dan terus-menerus untuk melakukan kontrol terhadap kecelakaan. usaha yang perlu dibenahi ada 3 yang utama yaitu :

1. MANAJEMEN

2. PERILAKU (Behaviour) manusianya

3. Peralatan dan barang

dari ketiga hal tersebut maka pembenahan manajemen merupakan unsur yang terpenting karena manajemen merupakan kelompok manusia yang menentukan arah dari dua hal yang lain tersebut. Membenahi manajemen berarti membenahi sikap, pandangan dan perilaku manajemen terhadap keselamtan kerja.

pembenahan manajemen untuk keselamatan kerja sebenarnya tidak semata-mata demi keselamatan kerja itu sendiri tetapi sekaligus pembenahan untuk kelangsungan dan efektivitas perusahaan. manajemen keselamatan kerja yang efektif hanya dapat berlangsung di dalam total manajemen yang efektif pula. jadi tidak ada istilah BUSINESS dan KESELAMATAN KERJA tapi yang ada adalah BER_BUSINESS DENGAN AMAN DAN SELAMAT.


tifa

__._,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s