Stress datang untuk kita atasi..bukan untuk kita hindari

Posted: November 18, 2008 in umum
Tag:

stress

stress

Rasanya hampir tak ada orang yang dapat terhindar dari stress. Perasaan takut, khawatir, kecewa, putus asa, merupakan beberapa pemicu munculnya stress. Jika sudah stress, berbagai penyakit pun mudah menyerang tubuh. Akibatnya, kita harus sering berobat yang tentu saja mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya, ada resep jitu yang dapat Anda gunakan agar terbebas dari rasa stress. Uniknya, Anda tak perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk mendapatkan resep ini, alias gratis. Ia tidak tersedia di apotik terdekat, melainkan di hati kita masing-masing.

  1. Hindari buruk sangka, sebab selalu berpikir positif akan membuat pikiran tenang. Jika sahabat Anda hari ini diam seribu bahasa, tak mau menyapa Anda, jangan langsung berpikir, “Wah, jangan-jangan dia benci padaku. Apa ya, salahku? Apakah dia punya niat untuk memusuhiku?” Stop! Pikiran seperti ini hanya membuat Anda stress, padahal belum tentu terjadi. Lebih baik berpikiran positif, “O, mungkin dia sedang puasa bicara.”
  2. Dua S, yakni Sabar dan Syukur. Ketika mendapat cobaan, bersabarlah. Jangan kecewa atau putus asa. Cobaan, kegagalan, dan hal-hal pahit lainnya merupakan hal biasa dalam hidup ini. Sikapilah ia dengan dewasa dan pikiran tenang. Lantas ketika anda mendapat kebahagiaan, bersyukurlah. Jangan sombong atau merasa hebat. Sebab kebahagiaan yang Anda dapatkan tak ada dapat terwujud tanpa bantuan orang lain. Banyak-banyaklah berterima kasih.
  3. Bahagia melihat kebahagiaan orang lain. Bila tetangga Anda membeli mobil baru, ikutlah berbahagia. Ini akan lebih baik daripada Anda iri lalu menduga yang macam-macam. “Dari mana ya, datangnya uang untuk membeli mobil itu?” Pikiran seperti ini hanya akan merugikan kesehatan bathin Anda sendiri.
  4. Bekerja keras, lalu tawakkal. Berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai sesuatu merupakan kewajiban setiap orang. Namun, itu bukan jaminan bahwa anda akan selalu sukses. Biasakanlah untuk tawakkal atas apapun hasil kerja keras Anda, sebab kerja keras tersebut sudah merupakan prestasi tersendiri yang patut Anda banggakan. Kegagalan menandangan bahwa kerja keras tersebut sia-sia? Siapa bilang? Justru dari kejadian yang paling menyakitkan pun anda bisa mendapat banyak pelajaran berharga. Jadi, tak ada yang sia-sia dalam hidup ini, bukan?
  5. Kebal terhadap gosip. Anda mungkin dicap sebagai orang yang tak tahu diri, merasa paling benar, bahkan difitnah sebagai koruptor. Padahal semua itu tidak benar. Lantas, Anda akan stress? Oh, jangan sama sekali. Ucapkan saja di dalam hati, ”Allah Maha Mengetahui dan Dia paling tahu mengenai diriku yang sebenarnya.” Setelah itu, tarik nafas dalam-dalam dan tenangkan diri Anda.
  6. Ikhlas. Anda sudah membantu banyak orang tapi tak ada yang memuji? Atau Anda justru dituduh pura-pura berbuat baik demi menjilat atasan? Tenang! Jika Anda melakukan semua pekerjaan dengan ikhlas, hanya Demi Allah, maka tanggapan-tanggapan seperti itu sama sekali tidak penting. Anda justru akan tertawa geli mendengarnya.
result_of_stress

result_of_stress

Nah, sekarang pikiran anda sudah tenang, tidak stress lagi? Bersyukurlah, karena Anda kini dapat hidup lebih tenang dan damai tanpa harus dibayang-bayangi oleh hal-hal yang tidak semestinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s