Eurofighter Typhoon

Posted: Mei 15, 2009 in Tek. Lingkungan
Tag:

Eurofighter Typhoon

I. Pendahuluan

Eurofighter adalah program sistem udara pesawat militer Uni Eropa, sistem ini dibuat dengan mengintegrasikan secara optimal antara mesin dan manusia. Karena teknologi dan ergonominya membuat eurofighter typhoon sebagai pesawat tempur yang paling hebat performanya. Eurofighter typhoon adalah pesawat tempur dengan mesin ganda multi-role canard-delta yang didesain dan dibuat pada tahun 1983 oleh gabungan pabrik pesawat Eropa, Eurofighter Gmbh. Penerbangan perdana dilakukan pada 27 Maret 1994 dengan nama pesawat tempur Eurofighter EF 2000 yang kemudian berganti nama menjadi Erofighter Typoon. Pembuatan pesawat ini pada kontrak produksi terakhir pada tahun 1997 melibatkan kerjasama 4 negara Eropa diantarnya UK (Inggris), Jerman, Italia, dan Spanyol.

Kelebihan yang dimiliki oleh eurofighter typhoon salah satunya dua sayap kecil di bagian dekat moncong pesawat yang berfungsi untuk membantu pilot melihat lawan dengan lebih jeli agar bisa melakukan manuver jarak dekat dengan cukup baik dan tepat dengan dilengkapi sistem control penerbangan (flight control system) yg berfungsi memberitahukan kinerja pesawat secara keseluruhan sekaligus berkoordinasi dengan komandan di darat. Pesawat ini juga dilengkapi pilot otomatis yg mampu membantu pilot memberikan tips siasat menghadapi pesawat musuh saat menghadapi situasi sulit ketika terjadi pertempuran. Typhoon juga memilik sensor dan captor dibadan pesawat yg secara cepat memberikan informasi soal keberadaan musuh atau akan munculnya serangan, sehingga pilot dapat segera mengantipasinya.

Spesifikasi Pesawat Tempur (Eurofighter Typhoon)

Panjang : 15.96 m

Sayap: 10.95 m , Area sayap: 50 m²

Tinggi: 5.28 m

Berat/Beban kosong: 11 000 kg ( 24,250 lb)

Berat/Beban terisi: 15 550 kg ( 34,280 lb)

Berat Max takeoff : 23 500 kg ( 51,809 lb)

Mesin : 2x EJ200
Kecepatan maksimum : Mach 2
Panjang runway : 700 meter
Kecepatan naik: 255 m/s

II Ergonomi pada Eurofighter Typhoon

Pesawat tempur Eurofighter Typhoon merupakan pesawat dengan dilengkapi kombinasi ketangkasan dan performanya menjadikannya sebagai salah satu pesawat tempur yang handal saat ini. Secara teknis, Typhoon dirancang sebagai pesawat dengan tekhnologi terbaru yg mampu mengakomodasi saat menghadapi segala situasi tempur. Kelebihan yang dimiliki oleh pesawat ini terutama kokpit atau mesin kendali dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan segi ergonomis berupa kenyaman dan kemudahan kepada pengemudi atau pilot sehingga menurunkan beban kerja dari pilot. kokpit typhoon dibuat dengan desain tombol semua kendali pada 1 tempat (kemudi) secara otomatis dan lebih sederhana.

Kokpit ini dilengkapi dengan tiga buah multi-function colour Head-Down Displays (MHDD) yang menampilkan informasi situasi taktis, sistem status dan peta digital. Untuk transfer data digunakan sarana data link dengan kemampuan dengan enambelas hubungan terminal dan dilengkapi dengan GPS. Semua bentuk yang tersedia dapat dilihat pada masing-masing MHDD dengan informasi yang detail dipilih melalui tombol yang tersusun di sekeliling MHDD, dengan X/Y cursor atau DVI. Selain itu pesawat dilengkapi dengan sistem penyelamatan darurat dengan kursi lontar Martin Baker Mk.16A menggunakan 2 roket.

Eurofighter typhoon memberikan kenyamanan kepada pilot berupa helm khusus dengan Striker Helmet Mounted Symbology System (HMS) yang dibuat oleh pihak BAE Systems. Layar saji HUD pada helmet dapat menampilkan berbagai data referensi penerbangan, pembidikan dan pemilihan senjata, serta gambar FLIR. Juga dilengkapi dengan TERPROM ground proximity warning system. Komponen helm meliputi: Outer Helmet, Inner Helmet, Optics Blast/Display Visor, Oxygen mask, Night Vision Enhancement Camera, Head Tracking System LED Position. Selain itu pilot dilengkapi dengan perlengkapan perlindungan diri.

Daftar Pustaka

www.eurofighter.com
www.eurofighter-typhoon.co.uk
www.vectorsite.net

http://quicklink.all.googlepages.com/eurofighter.htm

http://www.airforce-technology.com/projects/ef2000/ef20006.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Centre_stick_vs_side-stick

http://arindamsdefenceideas.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s